The Daniels Blog

Berpikir, Berpendapat, dan Berbagi

Kick Andy : Kumpulan kisah – kisah inspiratif

Buku ini merupakan rangkuman kisah – kisah inspiratif yang pernah ditayangkan di acara Kick Andy di Metro TV. Kick Andy adalah salah satu acara favorit saya, tiap Jum’at malam atau Minggu siang wajib hukumnya untuk nonton acara ini. Acara ini bagai “oasis ditengah padang pasir”; ditengah serbuan tayangan televisi yang ga henti – hentinya menayangkan tayangan yang kurang bermutu, sebut saja acara infot TAI nment yang siaran mulai pagi, siang, sore dengan berita yang sama dan cenderung dibuat – buat… Sinetron yang sama sekali tidak mendidik bahkan mengajarkan gaya hidup konsumtif dan primitif… Atau acara kuis yang mengandung unsur judi (yang bikin orang jadi iri)… Atau reality show “anak muda” yang menandakan bahwa bangsa kita “senang melihat orang lain susah”…

Menonton Kick Andy bagaikan menonton “parade” kehidupan, dimana banyak pelajaran hidup yang dapat kita ambil. Nah buat kita yang mungkin ketinggalan episode dalam Kick Andy atau ingin melihat dokumentasi dari acara Kick Andy selama ini, saya rasa buku ini patut dibaca. Namun sayang, beberapa episode favorit saya yang bahkan saat saya menonton membuat saya “merinding”, seperti kisah para penderita kanker yang masih anak – anak, kisah ibu yang tua renta yang hidup dengan anaknya yang buta ditengah hutan, atau kisah orang buntung yang malah berjasa membuat kaki palsu untuk sesamanya yang cacat…

Semua kisah diatas membuat saya malu akan diri saya yang dengan segala kelebihan yang saya miliki dibanding mereka namun saya masih merasa belum bisa berbuat banyak bagi diri saya, keluarga saya, lingkungan saya, dan negara saya…

Namun ada pula episode favorit saya yang ada dibuku ini, seperti kisah Sri Sultan yang tidak mau dicalonkan lagi jadi gubernur (kata – kata Sultan membuat saya tenang sekarang ^_^), Bullying (kekerasan dalam rumah tangga, kepada anak dibawah umur, kasus IPDN; baik kekerasan fisik maupun mental), Kisah anak dalam penjara (membuat saya lebih bersyukur kepada Tuhan), Suster Apung (salut saya untuk suster, seharusnya temen – temen yang mau KKN harus liat episode ini) dan diskriminasi terhadap etnis Tionghoa pasca kerusuhan (membuat saya lebih yakin bahwa perbedaan itu indah).…

Adapula kisah apik yang baru saya baca di buku ini, seperti : Kisah tentang kaum “homo” yang menikah, tentang Mayor Alfredo, kisah tentang para eks PKI (Sobron Aidit,dkk) yang ga berani pulang gara – gara era ORBA yang kejam, dll…

Memang buku ini cukup “worth” untuk dikoleksi, supaya kita dapat “menjalani kehidupan dengan hati”… (jangan lupa nonton Kick Andy juga ya…..)


Oktober 29, 2008 - Posted by | Saya dan Buku |

1 Komentar »

  1. Salam hormat buat bang andy F. Noya…kenalkan saya choirudin. saya arek malang asli. saya tinggal di bekasi utara,dan kerja di priuk. disalah satu perusahaan otomotif terkemuka. saya sangat salut dan bangga dengan gaya hidup anda yang sederhana.rilex dan santai. karena itu mencerminkan BERSYUKUR kita pada ALLAH SWT. saya juga ingin bisa seperti anda.. bisa berguna bagi orang banyak. selalma ini saya merasa kurang maksimal. saya hanya berguna buat kantor dan pabrik tempat saya kerja saja.Terimakasih…Hormat saya buat anda Bung Andy F. Noya.

    Komentar oleh choirudin | Oktober 5, 2009 | Balas


Tinggalkan Balasan

