The Daniels Blog

Berpikir, Berpendapat, dan Berbagi

Bahasa Angsa

geesev1Kemarin minggu, tepatnya tanggal 9 November 2008 saya kebetulan dipercaya temen – temen angkatan 2006 untuk mengisi acara LKMM (dahulu namanya LDO(Latihan Dasar Organisasi)) dengan tema Kekompakan dan Leadership… Ketika saya baca TOR dari panitia, ternyata cukup banyak yang harus saya sampaikan termasuk harus menyertakan “simulasi konflik” dalam acara yang saya kawal…Wah, kelihatannya panitia terlalu “overestimate” nih…

Berhubung harus ada simulasi konflik, maka saya mengajak beberapa teman (termasuk pacar saya ^_^) untuk membantu saya dalam mengisi acara ini (supaya tidak garing)…Untunglah temen – temen mau membantu saya…

Materi yang saya sampaikan saya beri judul “Bahasa Angsa”…Materi ini kurang lebih berisi pelajaran yang dapat kita ambil dari sekelompok angsa khususnya dalam hal kekompakan dan leadership..Ingin tahu seperti apa? Silakan baca corat – coret saya yang saya ambil dari slide yang saya sampaikan…

Saat kita berada di negara 4 musim, kadang kita melihat Angsa terbang berombongan,
pergi ke daerah yang lebih hangat, menghindari musim dingin…
Perhatikan, mereka terbang dalam formasi  “V”
Mungkin Anda tahu kenapa…

Dengan terbang dalam  formasi “ V “, efisiensi seluruh” Grup” akan naik sebesar 71 %, dibandingkan
dengan terbang sendiri sendiri.

Pelajaran 1:
Bekerja secara Team, bergerak ke arah tujuan yang sama, membuat kita mencapai tujuan lebih cepat dan lebih ringan.

Ketika salah satu Angsa  meninggalkan formasi.
Apa yang terjadi…?

sang Angsa mengalami daya tahan udara yang besar, dan kesulitan terbang sendiri…

Akhirnya dia dengan cepat kembali ke” formasi “untuk berbagi  efek terbang dalam formasi ..

Pelajaran ke 2:

Selalu kompak di dalam team yang bergerak ke satu tujuan;
akan membutuhkan  lebih sedikit energi. Akan lebih mudah dan lebih menyenangkan untuk mencapai tujuan. Setiap anggota akan merasa berkewajiban untuk menolong sesama.

Ketika team leader kelelahan…Apa  yang terjadi…?

Dia berpindah ke ujung formasi “V”, sementara itu Angsa lain akan mengambil tempatnya.

Pelajaran 3:

Berbagi kepemimpinan, harus  didasari  Saling hormat dan percaya diantara anggota di setiap saat.
Saling berbagi tugas  atau masalah yang paling berat
Pusatkan kemampuan , dan bakat team untuk memecahkan masalah.

Angsa terbang dalam formasi “V” sambil ber“kotek“
hal ini akan memberi semangat terbang “Team leader”
Juga dengan cara demikian mereka terbang
dengan kecepatan yang sama….

Pelajaran  4:

Bila mana ada semangat dan “penyemangat”,kecepatan penyelesaian pekerjaan lebih besar.
Keberadaan “semangat“ akan selalu memotivasi, menolong dan menguatkan…
Akan menghasikan kualitas yang terbaik.

Ketika salah satu Angsa sakit atau
kelelahan…

Beberapa Angsa akan keluar juga dari formasi,
dan membentuk formasi baru
untuk menolong dan mengawal dia…sampai.
dia sehat dan kembali masuk ke formasi
atau terus dengan formasi tsb
atau jatuh dan meninggal.

Pelajaran  5:
Tinggalah berdampingan
dengan yang lain apapun perbedaan kita.
Lebih lebih pada waktu kesulitan
dan tantangan yang besar…

ika kita kompak dan saling mendukung…
Jika kita menjiwai kerja sama yang baik…
Melupakan perbedaan masing masing maka kita akan selalu dapat mengatasi tantangan.
Jika kita selami arti dari persahabatan…
Dan kita selalu bersedia untuk berbagi…
HIDUP AKAN LEBIH BERARTI DAN KITA AKAN MELEWATI WAKTU MENDATANG DENGAN KEBAHAGIAAN…

Kurang lebih inilah materi yang saya sampaikan saat LKMM, sebenarnya saya memang bukan pada kapasitas orang yang layak untuk menyampaikan materi yang cukup “berat” ini…Karena samapi detik inipun saya masih belajar untuk menjadi pribadi yang kompak dan menjadi pemimpin yang baik setidaknya bagi diri saya sendiri…Untuk itu pada acara ini saya lebih banyak bercerita tentang pengalaman yang saya alami selama kuliah…

Buat temen – temen yang ingin mendownloads file presentasi saya…Silakan didowloads di

http://rapidshare.com/files/162666478/BAHASA_ANGSA.zip.html

November 11, 2008 - Posted by | Saya Memandang Kehidupan | ,

1 Komentar »

  1. wah..wah..
    bijak sekali nih..:mrgreen:
    emang alam tempat yang paling baik buat belajar..

    Komentar oleh Alfin | November 13, 2008 | Balas


Tinggalkan Balasan

