The Daniels Blog

Berpikir, Berpendapat, dan Berbagi

Referensi Sistem Manufaktur

Kebetulan waktu saya sedang “beres – beres” file di komputer, saya menemukan beberapa file yang saya pikir bisa untuk dijadikan referensi dalam penulisan Tugas Akhir atau Kerja Praktek berkaitan dengan Sistem Manufaktur… File ini adalah tugas – tugas translate yang diberikan oleh dosen saya waktu itu pada buku – buku Sistem Manufaktur “populer” seperti : Fogarty, Pinedo, Schienederjans, dll. Memang hanya beberapa saja yang saya tampilkan disini, namun bila temen – temen butuh file, silakan saja request.. Siapa tahu saya punya file nya… Berikut adalah beberapa topik, overview dan juga file yang bisa kalian downloads….

  1. Productivity Activity Control (PAC) – Fogarty

Fungsi Production Activity Control (PAC)-yang biasa juga disebut kontrol lantai produksi (SFC)- adalah membuat perencanaan aktivitas, untuk melaporkan hasil operasi, dan meninjau kembali rencana yang diperlukan untuk mencapai hasil yang diinginkan.

PAC menggunakan sistem closed loop control dengan mengukur output aktual dan membandingkannnya pada rencana. Jadi, PAC adalah komponen penting dari sistem closed loop MRP. Walaupun semua sistem PAC menunjukkan fungsi dasar yang sama, sistem individual berbeda-beda karena setiap lingkungan manufaktur memiliki keunikan masing-masing. Masing-masing mempunyai jumlah produk yang berbeda, proses produksi, layout fasilitas, dan hubungan kapasitas personel yang tersedia dan kebutuhan kapasitas peralatan.

production-activity-control

  1. Stochastic Flowshop, Openshop, dan Jobshop – Pinedo

Model stochastik flow shop, open shop, dan job shop di batasi oleh deterministik. untuk flow shop, kebijakan statis nonpreemtive, penjadwalan permutasi menjadi perhatian yang pertama. Penjadwalan permutasi yang optimal sering terdapat sisa optimal pada dinamis non preemptive seperti halnya pada dinamis preemptive. Untuk open shop dan job shop hanya termasuk dinamis nonpreemtive dan preemptive dinamis perlu dipertimbangkan.

Hasil yang diperoleh untuk stochastic flow shop dan job shop setidaknya menyerupai deterministic flow shop dan job shop. Stochastic open shop sangat berbeda dengan deterministiknya.

Bagian pertama mendiskusikan stochastic flow shop dengan waktu antar mesin tidak terbatas dan antar job tidak ada hambatan. Bagian yang kedua dibahas flow shop dengan zero antar mesin dan job ada hambatan. Di bagian terakhir membahas stochastic open shop dan stochastic jobshop.

stokastik

  1. Topics in JIT Management – Schienederjans

Operasi JIT secara sederhana memiliki kemampuan untuk mengubah tingkat produksi per minggu atau per hari untuk menyesuaikan pergeseran permintaan dari operasi konsumen. Kontrak pemasok jangka panjang yang memiliki batasan kuantitas yang dipesan harus diset untuk memperbolehkan adanya fleksibilitas inventori pembelian. Perencana produksi harus merancang dan melengkapi operasi mereka agar mampu mengubah tingkat produksi dalam batasan awal tersebut sehingga pemborosan tenaga kerja, material, dan peralatan dapat diminimalisir. Operasi JIT tidak hanya harus mampu mengubah tingkat produksi, tetapi juga harus mampu mengubah aktivitas produksi dari satu model produk kepada model lain yang lebih cepat dan dengan biaya setup yang minimum.

jit

  1. Distribution Inventory Management ­– Fogarty

Tujuan dalam topik ini adalah untuk menjelaskan trade-off yang terlibat dalam penyimpanan persediaan pada lokasi yang bervariasi sehingga pembaca dapat mengetahui apa saja keuntungan dan kerugian dari sistem tersebut yang disebut juga dengan perencanaan kebutuhan distribusi (Distribution Requirement Planning/DRP). Kelemahan dari item tunggal, metode pengendalian persediaan pada satu lokasi akan muncul ketika system ini diaplikasikan pada multilokasi. Isu utamanya adalah (1) dimana kita harus mendirikan gudang dan apa yang disimpan dan (2) bagaimana kebijakan memasok persediaan, berkenaan dengan isu pertama.

distibution-inventory-management

  1. Theory of Constraint (TOC)

Pada akhir tahun 1970an, Eliyahu Goldratt, seorang ahli ilmu fisika dari Israel, mulai memperkenalkan gagasannya pada penjadwalan produksi. Dia mengembangkan program software komputer black box sebagai Optimized Production Technique (OPT). Software ini dijual ke perusahaan-perusahaan yang tidak mempunyai pengetahuan tentang teori atau metodologi OPT. Harapannya adalah bahwa hasil penjadwalan akan mengubah kapasitas ke dalam nilai uang (harga) dan akan membuat penggunaan capacity-constrained resources lebih efisien untuk memaksimasi throughput. Pembeli software OPT melaporkan beberapa kesuksesan dan kegagalan, tetapi secara keseluruhan OPT telah mendapat dukungan dan sambutan yang baik.

toc

Selain kelima topik diatas, terdapat cukup banyak topik lain seperti Load Oriented Manufacturing System (LOMC), Scheduling, Material Resource Planning (MRP I), Manufacturing Resource Planning (MRPII), dan lain – lain…

Tambahan Request : slide kuliah drp

Theory of Constraint (TOC), Load Oriented Manufacturing System (LOMC), Scheduling, Material Resource Planning (MRP I), Manufacturing Resource Planning (MRPII), Distribution Inventory Management, Topics in JIT Management, Stochastic Flowshop, Openshop, dan Jobshop, Productivity Activity Control (PAC), Theory of Constraint (TOC), Load Oriented Manufacturing System (LOMC), Scheduling, Material Resource Planning (MRP I), Manufacturing Resource Planning (MRPII), Distribution Inventory Management, Topics in JIT Management, Stochastic Flowshop, Openshop, dan Jobshop, Productivity Activity Control (PAC)

November 15, 2008 - Posted by | Saya dan Teknik Industri |

8 Komentar »

  1. saya tertarik menegnai DRP.
    kebetulan saya berencana mengerjakan TA mnegenai hal tsb.
    ada filenya tag..

    Komentar oleh rka | November 24, 2008 | Balas

  2. Oke saya carikan dulu… Tapi ebook ga papa kan?

    Kelihatannya ada materi kuliah…

    Komentar oleh mrdaniels | November 24, 2008 | Balas

  3. File slide kuliah DRP sudah saya link…Silakan didownlods… Tapi btw untuk DRP sebenarnya sudah ada di file Distribution Inventory Management….

    Komentar oleh mrdaniels | November 27, 2008 | Balas

  4. saya bingung ni…. mau menjalankan dengan metode apa dalam penulisan TA saya…, saya ingin meneliti tentang pengendalian persediaan spare part mesin. dikarenakan perusahaan yang saya teliti adalah perusahaan jasa kontraktor yang bergerak dibidang SDM DRILLING…. dan data yang sudah dapat adalah tentang pembelian spare part.. selama 3 bulan… trus.. kalo data kerusakan mesinnya….. nah, itulah yang saya bingung.. tolong bantu saya ya

    Komentar oleh febr | Mei 13, 2009 | Balas

  5. kebetulan saya sedang mengerjakan TA tentang LOMC..Bisa minta file-file yang berhubungan dgn Load Oriented Manufacturing Control??
    materi kuliah,jurnal, dll juga boleh ttg LOMC

    Komentar oleh agus | Februari 28, 2011 | Balas

  6. thanks ya informasi, sangat berharga sekali sbg referensi sy, smoga sukses selalu….

    Komentar oleh nurdin | Oktober 31, 2011 | Balas

  7. adakah file yang berkaitan tentang job shop.?trus da juga tidak referensi buku nya.?soalnya mau beli juga untuk sumber materi.

    Komentar oleh dede | Februari 19, 2012 | Balas

  8. bisa minta file LOMC? thanks

    Komentar oleh Dewi | Oktober 15, 2012 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: