The Daniels Blog

Berpikir, Berpendapat, dan Berbagi

Filosofi Semut

ant

Semut… Semut kecil… Saya mau nanya… Lho!! kok malah nyanyi…😀
Semut… Binatang Kecil, Binatang Pekerja Keras… Sampai – sampai dijadikan algoritma  optimasi..(Halah!!)… Banyak hal – hal menarik dan patut kita renungkan seputar semut…

Pernah suatu hari temen – temen melihat semut yang sedang berjalan didinding terus cobalah halangi semut itu, maka si semut akan berusaha mencari jalan lain. Mereka akan memanjat ke atas, menerobos ke bawah atau mengelilinginya. Mereka terus mencari jalan keluar. Suatu filosofi yang bagus, bukan?

# Pelajaran 1 : Jangan sekali-kali menyerah untuk menemukan jalan menuju tujuan.

Semut menganggap semua musim panas sebagai musim dingin. Ini adalah cara pandang yang penting. kita tidak boleh menjadi begitu naif dengan menganggap musim panas akan berlangsung sepanjang waktu. Semut-semut mengumpulkan makanan musim dingin mereka di pertengahan musim panas. Karena sangat penting bagi kita untuk bersikap realitis. Di musim panas kita harus memikirkan tentang halilintar. Kita seharusnya memikirkan badai sewaktu anda menikmati pasir dan sinar matahari.

# Pelajaran 2 :Berpikirlah ke depan.

Semut menganggap semua musim dingin sebagai musim panas. Ini juga penting. Selama musim dingin, semut mengingatkan dirinya sendiri, “Musim dingin takkan berlangsung selamanya. Segera kita akan melalui masa sulit ini.” Maka ketika hari pertama musim semi tiba, semut-semut keluar dari sarangnya. Dan bila cuaca kembali dingin, mereka masuklagi ke dalam liangnya. Lalu, ketika hari pertama musim panas tiba, mereka segera keluar dari sarangnya. Mereka tak dapat menunggu untuk keluar dari sarang mereka.

# Pelajaran 3 :Bersikaplah Positif

Seberapa banyak semut akan mengumpulkan makanan mereka dimusim panas untuk persiapan musim dingin mereka?? Sekuat tenaga mereka!!! Bahkan si Semut mengangkat makanan yang beratnya bisa mencapai 10 kali berat mereka… Sungguh filosofi yang luar biasa…

# Pelajaran 4 : Lakukan Pekerjaan dengan Sekuat Tenaga!!!

Dengan kata lain bila kita ingin meneladani filosofi semut, maka sebaiknya kita :

  • Jangan Menyerah
  • Lihatlah kedepan
  • Berpikir Positif
  • Melakukan pekerjaan dengan sekuat tenaga


November 26, 2008 - Posted by | Pemikiran dan Pendapat Saya, Saya Memandang Kehidupan | ,

3 Komentar »

  1. Katanya ika, semut itu mengeluarkan semacam fer0m0n ato enzim yg bisa menunjukkan jalur terpendek untuk mencapai sumber, kemaren itu aku melakukan percobaan aneh, aku lap jalurnya semut itu pake tissue, tp koq masih bisa y? any idea gmn crny biar pengaruh fer0m0n it ilang n mereka bg9 nyari jalur lg? pake air bisa g y?
    agak g nyambung ne ama filosofi semut sebenarny c0mmentsku ini..
    hehe..jawab y niel..

    Feromon kan asam, coba aja kasih garam atau cuka untuk mengaburkan keasaman feromon…

    Komentar oleh meta | November 29, 2008 | Balas

  2. Apik-apik wae le..

    kabar mu piye lee…

    Gimana TA-mu??

    ambil apa??
    tenang…ngerjain TA tu cuma masalah waktu..terserah kamu maw cepet apa lama..kalo maw cepet ya serius ngerjainn…kalo ada masalah HaJar ajah…

    tapi kalo maw lama ya nyante aja…ada masalah diemin mpe dapet ilham…hehehehe

    oiya yang udah lulus sapa anak 04?

    eh tau kabar ARUM ngak? anak 03?

    Komentar oleh Iwan Indrawan | November 29, 2008 | Balas

  3. oiyaa…blogmu kok tidak kutemukan artikel mengenai “wanita” to…

    wez…wez…payah ki..

    ntar liburan Idul Adha ku pulang agak lama…ntar ku juga pengen maen ke kampus…

    sukses yo…

    Aku jupuk TA CAPP (gampangane gawe software koyo kowe lah..), ki alhamdulilah lagi tak garap…Dongakne wae yo om… 04 sing wis lulus : Ais, Wiwik, Ida, Victor, TQ, Momi, Yanti…
    Masalah wanita?? nyante om.. durung ono inspirasi, ngko kapan2 tak nulis lah… Mbak Arum ketoke durung lulus, ngilang..lang..lang…
    OK om…Matur Nuwun sampun mampir…

    Komentar oleh Iwan Indrawan | November 29, 2008 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: