The Daniels Blog

Berpikir, Berpendapat, dan Berbagi

Antara IDEF0 , DFD, ERD, dan diagram – diagram yang lain…

question-markAkhir – akhir ini saya sering diajak berdiskusi masalah pemodelan sistem informasi…Entah temen – temen 2006 yang sedang mengikuti kuliah Sistem Informasi, temen – temen 2004 yang sedang mengulang Sistem Informasi, ataupun temen – temen yang sedang mengerjakan Tugas Akhir…

Pertanyaan – pertanyaan yang sering muncul biasanya berkaitan dengan pemilihan diagram dan teknik pemodelan..Beberapa permasalahan pemodelan ini muncul karena rata – rata temen – temen kurang paham sistem, teknik pemodelan, dan fungsi dari diagram yang dipakai. Dalam postingan saya kali ini, saya tidak akan membahas panjang lebar mengenai teori – teori mengenai IDEF0, DFD, ERD, dsb (silakan downloads saja link pada bagian akhir posting ini bila temen – temen berminat untuk tahu lebih banyak mengenai teori – teori SI, atau silakan beli buku tentang SI di Gramedia atau TGA, atau silakan download ebooknya di Gigapedia atau di PDFCHM), namun saya hanya ingin sharing pengalaman, bagaimana memodelkan dengan baik dan benar..

Untuk itu, dalam pemodelan Sistem Informasi terdapat hal – hal yang menurut saya perlu untuk diperhatikan sebelum melakukan Pemodelan Sistem Informasi diantaranya :

  • Sebelum memodelkan, temen – temen hendaknya harus benar – benar mengerti dan paham sistem yang akan dimodelkan. Entitas – entitas apa saja yang terkait, bagaimana informasi mengalir antar entitas, hingga hubungan dan kardinalitas antar entitas. Rata – rata bila saya diskusi dengan temen – temen yang sedang mengambil SI, permasalahan dalam sistem malah baru dibahas saat diskusi (temen – temen belum cukup paham mengenai sistem yang akan dimodelkan) Bila sistem nyata nya saja temen – temen masih “gagap” bagaimana nanti model nya?? Tidak ada salahnya untuk menggambarkannya dalam flowchart.

  • Selanjutnya adalah pemilihan diagram..Untuk memilih diagram kalau menurut saya lebih kepada sejauh mana kompleksitas sistem yang dikaji..Untuk memilih diagram, temen – temen juga harus paham dahulu tujuan dari tiap – tiap diagram…DFD dan IDEF0 dapat dipergunakan bersama – sama ataupun dapat dipergunakan secara substitusi (salah satu saja) tergantung dari masalahnya…Biasanya sih, hanya dipergunakan salah satu saja…Kalau masalahnya kompleks dan luas, saya lebih cocok menggunakan IDEF0, baru nanti kalau diperlukan menggunakan DFD untuk menjabarkan lebih lanjut pada permasalahan yang dianggap perlu untuk dijabarkan lebih lanjut (IDEF0 hanya sebagai tinjauan sistem saja).. Kalau masalahnya relatif sederhana, seperti transaksi pembelian atau penjualan, saya lebih cocok menggunakan DFD. Untuk pemodelan basis data, dapat dipergunakan ERD..Selanjutnya dari ERD tsb dapat dirinci kebutuhan basis datanya..

  • Bagian yang tidak kalah penting dalam pemodelan adalah yang terkait dengan mekanisme pemodelan. Biar bagaimanapun, seperti gambar teknik, diagram adalah bahasa standard orang teknik. Sehingga temen – temen harus berhati – hati dalam melakukan proses pemodelan, pahami baik – baik makna dibalik simbol – simbolnya; untuk lebih cepat mempelajarinya, saran saya temen – temen bisa “mencontoh dengan bijak” tugas – tugas, atau kerjaan – kerjaan yang sudah ada sebelumnya. Pelajari contoh tersebut dengan hati – hati, lihat dulu permasalahannya, baru kemudian lihat dan analisis diagramnya. Yang perlu diperhatikan adalah : “Jangan sampai model yang menyesuaikan masalahnya, Jadi masalahnya lah yang harus disesuaikan dengan modelnya dalam proses pemodelan”.

  • Dewasa ini telah dikembangkan teknik – teknik pemodelan baru seperti Object Oriented Modelling dengan UMLnya hingga Component/Agent Oriented Modelling. Untuk temen – temen yang sedang KP atau TA bisa dicoba menggunakan teknik pemodelan baru ini. Menurut saya, khususnya OOM, teknik ini cukup detail dan “elegan” sehingga gap antara proses pemodelan dan implementasi tidak terlalu besar.

Sementara mungkin ini dulu yang bisa saya sampaikan, bila temen – temen membutuhkan materi, ingin berdiskusi, atau mungkin kurang sepakat dengan apa yang saya sampaikan..Silakan saja comment, siapa tahu saya dapat membantu atau bisa jadi masukan untuk saya… Monggo…

teori-si

contoh-tugas-proposal-si1

Materi SI DFD ERD IDEF Materi SI DFD ERD IDEF Materi SI DFD ERD IDEF Materi SI DFD ERD IDEF
Materi SI DFD ERD IDEF Materi SI DFD ERD IDEF Materi SI DFD ERD IDEF Materi SI DFD ERD IDEF
Materi SI DFD ERD IDEF Materi SI DFD ERD IDEF Materi SI DFD ERD IDEF Materi SI DFD ERD IDEF
Materi SI DFD ERD IDEF Materi SI DFD ERD IDEF Materi SI DFD ERD IDEF Materi SI DFD ERD IDEF

Desember 8, 2008 - Posted by | Cerita Saya, Saya dan Teknik Industri | ,

6 Komentar »

  1. nil aq nantinya jg bikin IDEF0
    mohon bantuaannya
    he..

    OK2 ga usah sungkan2 kalo mo ngajakin diskusi yo..

    Komentar oleh Yogi Afi Endrawan | Januari 8, 2009 | Balas

  2. bantuin bikinin erd penjualan donk tks.

    Silakan downloads file proposalnya mas… Disitu ada contoh ERD penjualan🙂

    Komentar oleh UKI | Maret 5, 2009 | Balas

  3. nupang jejak, thanks atas mau bergagi ny….

    sama – sama mas sugenk…

    Komentar oleh Cugenx aja | Agustus 6, 2009 | Balas

  4. tlong dfd museum donk

    haduh, saya ga punya… bikin sendiri aja ya.. kalo mo nanya2, silakan mampir aja…

    Komentar oleh ruby | November 23, 2009 | Balas

  5. tolong dfd kepegawaian donk…sama erd kalo bisa

    Komentar oleh Sohirin | Desember 20, 2009 | Balas

  6. hai sob gw mau numpang tanyakalo saya gunain sistem development life cycle (SDLC)DAN untuk analisa saya gunakan IDEF0 gimana tlong blz ocre

    Komentar oleh assd | April 11, 2011 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: