The Daniels Blog

Berpikir, Berpendapat, dan Berbagi

Teror Mumbai : Internet Abuse!!!

pakistan_alqaeda_terror1Akhir tahun ini, dunia dikagetkan dengan aksi terorisme di Mumbai, India. Ketika saya melihat liputan mengenai aksi teroris ini, saya berpikir pasti mereka menggunakan peralatan yang super hi-tech..Karena dalam aksi terorisme ini, sebanyak 10 orang melakukan aksi terorisme di 10 lokasi yang berbeda secara berurutan dan bersamaan, dan kabarnya butuh waktu 3 hari bagi aparat keamanan India untuk memadamkan aksi terorisme tersebut.

Nah, yang membuat saya berpikir bahwa para teroris ini dilengkapi dengan gadget yang sangat hi-tech (ala James Bond gitu lah…) adalah kenyataan bahwa mereka dapat bergerak dengan cepat di Mumbai serta kemampuan mereka dalam bertahan menghadapi serangan para aparat keamanan India..

Ternyata, beberapa hari yang lalu disalah satu stasiun swasta yang kalau tidak salah membahas mengenai kaleidoskop 2008, saya benar – benar terkejut..Bahwa berdasarkan pengakuan salah satu teroris yang tertenagkap, ternyata para teroris ini tidak memakai gadget super canggih ala James Bond seperti yang saya bayangkan..Namun mereka menggunakan 3 aplikasi internet yang mungkin sudah sangat familiar di kuping temen – temen…Para teroris ini mengandalkan ketiga aplikasi internet ini untuk melakukan perencanaan hingga eksekusi…Ketiga aplikasi itu adalah…

Google Earth

GE sampai sekarang mungkin merupakan salah satu aplikasi peta bumi yang paling komprehensif di internet..Aplikasi ini menyediakan foto muka bumi, mulai dari tampilan untuh bumi bulat yang dilihat dari ruang angkasa hingga tampilan diketinggian sekitar 200 meter saja… Dengan menggunakan GE, kita dapat menjelajah kesemua sudut bumi dan dapat melihat objek dibumi mulai dari gunung hingga gedung bertingkat..Google mendapat foto muka bumi ini dari NASA (Badan Antariksa Amerika) yang diambil langsung dari satelit.

Untuk versi yang gratisan saja menurut saya sudah sangat memadai untuk siapapun yang ingin menjelajah bumi, apalagi yang berbayar?? Pada GE sudah dilengkapi dengan sistem koordinat..Angka koordinat inilah yang kemudian dikombinasikan dengan aplikasi yang dengan sinkronisasi kedua aplikasi ini, para teroris memiliki sebuah pemandu jalan tanpa kesalahan…

Global Position System

Aplikasi ini sekarang menjadi salah satu fitur andalan bagi beberapa produk, mulai dari handphone, PDA, hingga mobil. GPS sendiri merupakan suatu sistem navigasi global yang mengandalkan satelit yang mengorbit dimuka bumi, secara konstan satelit ini mencitrakan seluruh muka bumi dan memancarkan melalui gelombang mikro. Gelombang mikro tsb kemudian di tangkap oleh GPS receiver, “alat baca” ini akan memberikan info mengenai lokasi tempat GPS receiver ini berada.

Nah, berbekal GPS receiver yang didalamnya sudah terdapat peta Mumbai serta dibantu penelaah lokasi Google Earth, mereka bisa keluyuran di Mumbai tanpa kesasar walaupun mereka sama sekali belum pernah ke Mumbai. Dengan GPS receiver, mereka bisa menuju ke lokasi sasaran dengan tepat sesuai dengan waktu yang mereka tentukan..

Voice over Internet Protocol (VoIP)

Lalu bagaimana teroris tersebut saling berkomunikasi?? Kalau saja teroris ini memakai Handphone atau Handy Talkie untuk saling berkomunikasi, saya yakin aparat India ga perlu waktu banyak untuk memberangus mereka, namun berhubung mereka pakai VoIP, komunikasi mereka jadi sulit dideteksi.

Mekanisme VoIP sendiri sangat berbeda dengan mekanisme kerja HP, kalau HP suara telepon langsung dialirkan ketitik yang dituju, sedangkan VoIP suara telepon ini harus “dipaketkan” dalam bentuk data untuk kemudian dialirkan dengan menggunakan jalur data (bisa serat optik, kabel telepon, dst) secara simultan sehingga sulit dilacak…

Dari kasus Mumbai ini, tergambar jelas bahwa teknologi telah membuka banyak peluang, termasuk peluang untuk disalahgunakan untuk aksi yang tidak beradab seperti aksi terorisme ini..Bahkan mungkin suatu saat kelak teknologi akan membawa umat manusia kedalam bahaya yang belum pernah terbayangkan sebelumnya…Bisa jadi The Matrix dan Terminator benar – benar terjadi dibeberapa dekade mendatang… Who Knows??

Januari 5, 2009 - Posted by | Saya dan Komputer | ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: