The Daniels Blog

Berpikir, Berpendapat, dan Berbagi

Hak Veto = Senjata Pemusnah Massal ??

6a00d8341bf80c53ef00e55293f6128834-800wiKetika saya dan teman – teman berdiskusi mengenai Krisis di Gaza, tiba – tiba arah pembicaraan kami tertuju pada ketidakberdayaan Dewan Keamanan PBB dalam mengatasi krisis kemanusiaan yang terjadi di ranah Gaza..Untuk kesekian kalinya Amerika Serikat memveto resolusi DK PBB yang mengutuk kebrutalan serangan Israel ke Palestina…

Wikipedia mendefinisikan Hak Veto sebagai “Hak untuk membatalkan keputusan atau resolusi yang diajukan oleh PBB atau Dewan Keamanan PBB . Hak Veto dimiliki oleh Negara Negara Anggota Tetap Dewan keamanan PBB yang saat ini dimiliki oleh Amerika Serikat, Rusia (dulu Uni Soviet), Republik Rakyat China menggantikan Republik China (Taiwan) pada tahun 1979, Inggris dan Perancis.

Rasanya lucu sekali, negara “adidaya” yang mengklaim dirinya sebagai kiblat demokrasi dunia justru mencederai demokrasi dalam tubuh PBB dengan penyalahgunaan hak veto khususnya pada resolusi PBB, hal ini tentunya membuat Israel mendapat semacam “ACC” untuk terus melakukan pembantaian di Palestina..

Pan Mohammad Faiz dalam Jurnal Hukum mengutip penjelasan dari A. Mohammed menjelaskan bahwa penggunaan sistem veto sejak awal pembentukannya memang digunakan untuk melindungi kepentingan para pendiri PBB, dimana hal tersebut hanya diperuntukan bagi negara-negara yang memenangkan Perang Dunia II. Pada saat pendiriannya di tahun 1948, telah ditentukan bahwa perwakilan dari Inggris, China, Uni Soviet, Amerika Serikat, dan Perancis akan menjadi anggota tetap Dewan Kemanan yang kemudian hak veto tersebut melekat padanya berdasarkan Pasal 27 Piagam PBB.

Hingga saat ini, problematika hak veto selalu membayangi legitimasi dari Dewan Kemanan PBB. Dengan “mengantongi” hak veto, maka anggota tetap setiap saat dapat mempengaruhi terjadinya perubahan substansi secara besar-besaran dari suatu resolusi. Bahkan, hak veto mampu mengancam terbitnya resolusi yang dianggap tidak menguntungkan negara maupun sekutunya.

Apalagi, diantara kelima negara – negara “warisan” perang dunia ini tidak ada satupun yang memiliki penduduk mayoritas muslim..Kelima negara tersebut selalu saja melakukan penolakan apabila negara – negara muslim mencoba untuk mengajukan diri…Kegagalan Dewan Keamanan PBB dalam menjalankan fungsinya sebagai penjaga perdamaian di Timur Tengah membuat kredibilitas DK PBB dipertanyakan khsususnya terhadap keabsahan hak veto, terutama dari dari negara-negara yang tergabung dalam Liga Arab yang selama ini merasa tidak pernah memperoleh tempat dalam menyampaikan suaranya.

Tuntutan reformasi dalam tubuh PBB sendiri sudah banyak diutarakan oleh beberapa tokoh internasional termasuk diantaranya Ir Soekarno. Kofi Annan bahkan mengatakan bahwa hak veto penyebab gagalnya reformasi dalam tubuh PBB.

Selama ini, hak veto menjadi senjata andalan utama bagi negara – negara pemegangnya untuk seenaknya mengatur dunia dan menghalangi hak bicara negara – negara lain..Hak Veto ini seperti senjata yang siap menggilas kepentingan negara – negara lain yang memiliki pendapat berseberangan dengan anggota tetap DK PBB..

Kalau tidak salah dahulu waktu SD tujuan dibentuknya PBB adalah menjaga perdamaian dunia, tapi kenyataannya sekarang?? Nol Besar!! Sekarang sudah tercatat 300 penduduk Gaza yang tewas akibat agresi militer Israel…100 diantaranya adalah anak – anak..dan Amerika terus saja mem-veto resolusi damai yang diajukan PBB..Akibat veto ini, mungkin korban akan terus bertambah karena Israel memperoleh legitimasi atas agresinya di Gaza..Veto ini sekarang sudah menjadi senjata pemusnah massal bagi penduduk Gaza!!

Kalau sudah begini buat apa ada PBB??

Referensi :

http://www.tempointeraktif.com/hg/nasional/2009/01/06/brk,20090106-154006,id.html – 28k –

jurnalhukum.blogspot.com/2006/11/hak-veto-mesin-perang-amerika-serikat.html – 60k –

en.wikipedia.org/wiki/Veto – 28k

Hak Veto Hak Veto Hak VetoHak VetoHak VetoHak VetoHak VetoHak VetoHak VetoHak VetoHak VetoHak VetoHak VetoHak VetoHak VetoHak VetoHak VetoHak VetoHak VetoHak VetoHak VetoHak VetoHak VetoHak VetoHak VetoHak VetoHak Veto

Januari 8, 2009 - Posted by | Pemikiran dan Pendapat Saya |

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: