The Daniels Blog

Berpikir, Berpendapat, dan Berbagi

UNDIP rangking 3138!!

steps-led

The World is Flat!! Sekarang semua informasi dapat kita akses melalui media internet termasuk informasi kampus… Meskipun (kata orang) fasilitas pendidikan di Indonesia ini masih minim, namun beberapa Universitas ternama di Indonesia termasuk dalam 3200 besar (buanyak banget ya..) Universitas dengan website terbaik.. Berikut adalah 10 website terbaik di Indonesia menurut http://www.webomatrics.info :

  1. Universitas Gadjah Mada  – Ranking 623
  2. ITB Bandung – Ranking 676
  3. UI Jakarta – Ranking 906
  4. Institut Teknologi Sepuluh November – Ranking 1.762
  5. IPB Bogor – Ranking   2.063
  6. Universitas Brawijaya Malang – Ranking 2.152
  7. Universitas Sebelas Maret Surakarta – Ranking 2.159
  8. Universitas Airlangga Surabaya – Ranking 2.672
  9. Universitas Padjadjaran – Ranking 2.730
  10. Universitas Diponegoro Semarang – Ranking 3.138

Salut untuk UGM, ITB, dan UI yang masuk 1000 besar.. Dan juga UNS Solo yang saya lihat progressnya dari tahun ke tahun kelihatan bagus…Namun, sayangnya saya bukan mahasiswa UGM, ITB, UI dan UNS meskipun saya dari Solo.. Tapi saya menghabiskan 4 tahun untuk kuliah di UNDIP..Yang sayang sekali terperosok di peringkat 3138 –  jauh dibawah UNS..  😦

Jujur  saya cukup kecewa, namun saya juga berpikir ini wajar.. Bila saya bandingkan dengan UNS (karena kebetulan adik saya kuliah di UNS), memang dari segi Sistem Informasi Kampus-nya kita cukup tertinggal, sewaktu adik saya registrasi maba, semuanya dilakukan di warnet alias sudah on-line, sedangkan kita waktu itu KRS online pun masih intranet..(Kabarnya sekarang sudah di on-line kan)

Penilaian yang dilakukan Webomatrics ini didasarkan pada 4 kriteria, yaitu :

  1. Visibilitas (50%) = banyaknya link eksternal yang terkandung website
  2. Ukuran (20%) =jumlah halaman yang tertangkap oleh mesin pencari
  3. Jumlah File (15%) = banyak file jenis PDF, Adobe PostScript, Ms.Word, PPT
  4. Google Schoolar (15%) = banyak file website yang diambil melalui Google Scholar

Sekarang saya melihat, website Universitas, Fakultas, dan Cyberinfo sudah mulai “menggeliat” (termasuk website resmi Jurusan saya..  😉 ) , dan sudah tidak kalah lagi dengan websitenya ITB, UI, dsb.. Semoga visi UNDIP menuju Universitas Riset benar – benar tertuang dalam websitenya sehingga melalui fasilitas ini, sehingga paper dan riset semakin ter-“ekspose” dan layanan terhadap mahasiswa semakin meningkat..

Note : Kalau ditambah Universitas Swasta, peringkat kita turun diperingkat 15 dibawah :

  1. Universitas Gunadarma Jakarta 1.604
  2. Sekolah Tinggi Teknologi Telkom 1.960
  3. Universitas Kristen Petra 2.013
  4. Politeknik Electronik Surabaya 3.016
  5. Universitas Bina Nusantara Jakarta 3.026

UPDATE : Menurut  www. 4icu.org, berdasarkan web popularity nya UNDIP ada diperingkat : ……

Lihat sendiri disini aja deh

Februari 3, 2009 - Posted by | Cerita Saya |

1 Komentar »

  1. ga pa2 lah teman… Saya Juga kecewa ma peringkat undip… tapi kita sebagai alumni juga harus mendorong dan berusaha agar undip tetap jaya,,,,BRAVO UNDIP…..

    Komentar oleh mustafa dahri | September 11, 2009 | Balas


Tinggalkan Balasan

