The Daniels Blog

Berpikir, Berpendapat, dan Berbagi

Ayo ngeBlog!!

bloggingBlogging… Ya.. belakangan ini saya lagi addicted banget ma aktivitas yang satu ini.. (Selain FB-Addicted juga)… Berawal dari ke-“tidakada kerjaan” saya..Bingung mo ngapain..Suntuk ngerjain TA.. Males maen games..Tiba – tiba disuatu ruang ber-AC didepan monitor yang terhubung dengan CPU yang terkoneksi dengan internet di kampus, saya teringat dengan blog yang pernah duluuuuuuu pernah saya buat dan baru ada 1 postingan (kalo ga salah tentang Thomas Alfa Edison).. Lalu saya klik www.mrdaniels.wordpress.com … Blog saya waktu itu 100 % cupu!! – Saya lebih senang memilih saat itu sebagai awal saya ngeblog daripada saat saya bikin blog untuk pertama kali..

Pendek kata….Singkat cerita…Entah dapet wangsit dari mana, tiba – tiba saya memutuskan untuk mulai nge-blog lagi hingga saya memostingkan tulisan ini..,

Ngeblog bikin saya ada kerjaan pas nunggu download-an selesai… Ngeblog bikin saya rajin ke kampus dan bolak – balik warnet…Ngeblog bikin saya lebih bersemangat!!

Saking semangat dan senang-nya saya nge-blog dan ber FB-ria, saya sering mengajak temen – temen untuk ngeblog atau join FB….Ada yang terpengaruh untuk ngeblog (termasuk pacar saya 🙂 ), ada yang tidak merespon (not responding..), namun ada juga yang bilang “wah, aku ga suka yang kaya gitu kaya gituan”  rolleyes dan ada juga yang bilang “kaya orang kurang kerjaan aja sih..!!”…   cry Tapi yang jelas, saya cukup senang soalnya sekarang banyak temen – temen seangkatan saya yang mulai belajar bikin blog..atau mulai join di Facebook..

Saya yakin, diluar sana, selain saya..Ada banyak alasan untuk ngeblog (Kalo ga percaya googling aja..).. Mulai dari alesan yang paling konyol sampai alesan yang serius.. Kalau buat saya pribadi, alasan saya ngeblog berubah dari waktu ke waktu.. Berikut ini adalah beberapa alasan (dan manfaat) saya nge-blog :

Pertama : Untuk Mengisi Waktu Luang Just for fun!! Awalnya saya memulai blogging karena keseringan ke warnet nyari bahan – bahan TA. lalu sambil menunggu mendownload file2 e-book biasanya saya ngeblog (bisa blog surfing atau blog updating).

Kedua : Me”muntah”kan unek – unek saya – bahasa ringkesnya : “curhat”.. Ada buanyak hal yang ada diotak saya yang mulai saya tuliskan satu persatu baik berupa opini tentang keadaan sekitar atau gagasan mengenai solusi dari permasalahan yang ada di sekitar kita; baik di-blog saya maupun di-blog orang lain…Dari membahas isu – isu di kampus hingga pernah saya berdebat panjaaaaaaang dengan dosen sampai beberapa ronde (halah..opo to..).. Menceritakan unek – unek temen – temen.. keberuntungan dan kesialan saya…cerita saya…Nah, melalui blog, setidaknya saya bisa berbagi pendapat dan pikiran dengan orang lain.

Ketiga : Berbagi – Di-harddisk saya ada buanyaaak sekali file – file tugas, jurnal, ebook yang mengendap…Nah, daripada tak berguna saya pikir akan lebih baik untuk dibagi – bagikan.. Betul tidak??

Keempat : Keep in Touch – Lama – lama saya ngeblog, saya merasa kalau blog ini seolah – olah menjadi “rumah” saya di dunia maya.. Karena sifat internet sendiri yang tak mengenal jarak dan waktu, maka blog bisa di manfaatkan sebagai sarana untuk mempererat tali silaturahmi baik dengan teman – teman seangkatan, keluarga, hingga sesama blogger.

Kelima : Memper”tajam” otak – Berawal dari kebosanan maen game di PC..Lalu saya butuh “pelarian” ditengah kesuntukan TA…Blog ternyata bisa menggantikan game…Pertimbangan memilih template atau tampilan blog kita tidaklah mudah. Butuh beberapa kali modifikasi, pemilihan warna, background, font, dan lain sebagainya hingga kita dapat memutuskan bahwa “inilah desain terbaik blogku”.- That’s not easy

Disamping itu, dengan memiliki blog, kita dapat melatih kemampuan menulis kita, melatih mengeluarkan pemikiran dan pendapat kita melalui tulisan.

Keenam : Personal Branding – Terakhir..Lewat blog, kita bisa mengekspresikan diri kita, mem”branding”kan diri kita, meng”aktualisasikan” diri kita..membuat orang lain menangkap “image” atau sesuatu tentang kita and find something “unique” from us..

Nah, itu beberapa alasan saya ngeblog dari zaman ke zaman… Semoga temen – temen yang pada baca tulisan ini tertarik untuk segera bikin blog…(Moga – moga setelah ini link saya nambah lagi…)..

Kalau sudah niat dan tertarik, ga usah buang – buang waktu, segera buka WordPress atau Blogspot atau Multiply…Bikin account baru dan mulai nge-blog..Ga usah takut ga bisa atau takut nanti blognya ga ada postingannya… Don’t Think Just Play!!

Ga usah minder jadi newbie..Ingat pepatah ini : “Guru pernah jadi murid, Sang Master pernah jadi newbie”

Buat temen – temen yang baru pertama menginjakkan kaki di wordpress silakan downloads tutorial_wordpress ini…Nah, beberapa situs yang recomended untuk temen – temen biar blognya tambah keren disini :

http://afatih.wordpress.com/

http://id.wordpress.com/tag/tutorial-wordpress/

http://tutorialgratis.net/

http://www.o-om.com/

Nah, buat temen – temen yang masih newbie, saya ada 2 tips :

Pertama : Sering – sering blog surfing sebagai sarana benchmarking sehingga temen – temen bisa menambah wawasan blogging, entah cara penulisannya, content-nya, desainnya, dsb. Dan jangan lupa “meninggalkan jejak”…entah comment atau sekedar copy-paste linknya temen- temen.

Kedua : Jangan pernah berpikir kehabisan ide untuk menulis..Semuanya bisa dijadikan bahan untuk menulis, mulai dari masalah sepele, ex : internet kampus yang lemot, sampai masalah yang berat..

Kelihatannya udah panjang lebar nih saya “cuap – cuap”….Moga – moga psotingan saya ini bisa bikin temen – temen jadi kepengen ngeblog, atau buat yang udah jadi blogger, semoga tambah semangat ngeblognya!!

Keep Blogging!!

Ebook Tutorial WordPress downloads disini

Ebook lagi dari o-o dot com klik disini :

http://www.o-om.com

Note : kalau temen – temen pengen nanya, diskusi tentang blog, pengen menambahkan alasan ngeblog atau menambahkan tips – tips ngeblog.. Monggo..Silakan comment.. Eiiitts… Terakhir, saya akan sangat senang kalau temen – temen yang mampir bersedia ngisi polling saya ini… Matur nuwun…

Februari 10, 2009 - Posted by | Saya dan Hobi, Saya dan Komputer | , ,

3 Komentar »

  1. Ok coy,ana jg br blajar ngblog,makanya ana bc tulisan nt

    Gile..belum juga ane selese ngedit..ente uda baca.. thanx bro.. met blogging ye..

    Komentar oleh jiltet2010 | Februari 10, 2009 | Balas

  2. wah.. dibayar berapa nih ama wordpress buat promosi? hehhe.. salut buat semangat mem-blogger-kan teman2nya.. oke lah.. biar semakin lahirkan budaya sharing ya kan..
    kalo pengen maju tp hari gini masih egois? hari gini masi berasa yang paling pinter..? udah ga jaman.. skrg jamannya social networking.. halah..😛

    sepakat!! kan berbagi ga bakal rugi… ya to mas…

    Komentar oleh Indra Hadi | Februari 13, 2009 | Balas

  3. makin ngeri aja blogmu yel!!

    Komentar oleh iphank86 | Februari 16, 2009 | Balas


Tinggalkan Balasan

