The Daniels Blog

Berpikir, Berpendapat, dan Berbagi

Tutorial Bikin Fasilitas Help (.chm) untuk Software

helpBikin software belum lengkap tanpa fasilitas help untuk membantu user dalam mengoperasionalkan software. Nah, salah satu file help yang sering dipergunakan adalah file chm atau Compiled HTML Help file. Sesuai namanya, chm dibangun dari HTML. Intinya, satu set file2 HTML yg berisi tentang apa saja, bisa dijadikan CHM. Dgn demikian bisa dibawa dengan mudah, karena file2 yg bersangkutan (html, gambar, css, dsb) bisa dipaket dengan lebih ringkas karena jadi satu file dan telah di-compress.

Note : Selain untuk help, chm juga bisa digunakan untuk membuat ebook. Saya menggunakan Visual Studio 2005 untuk IDE-nya dan Abbe CHM Maker untuk mengkompilasi file chm.

Langsung aja ga usah pake basa – basi berikut step by stepnya :

1. Untuk membuat file chm, saya menggunakan software Abbe CHM Maker (download disini)..

2. Siapkan file – file yang akan dijadikan bahan untuk membuat help dalam format .mht (lakukan saat save-as file di MS Word) – pisahkan per bagian/ per bab nya.

3. Buka software Abbe CHM Maker, berikut tampilannya :

chm1

4. Pilih Add File dan Masukkan file yang akan dijadikan bahan untuk membuat help satu persatu, per bagian. (saat nge-add, tipe filenya ubah menjadi all file, sehingga file .mht nya kelihatan dan dapat di-add)

5.  Setelah semua file masuk, Pilih Make (button paling bawah)

6. Setelah jadi, tinggal di – link ke Project Software, pertama copy file help.chm ke folder debug (namaprojectkamu/bin/debug).

7. Masuk ke listing program…

8. Pada bagian paling atas listing, lakukan import dengan listing :

Imports System.Diagnostics

9. Pada pilihan main menu, ketikkan listing :

Process.Start(“HELP.chm”)

Note : HELP.chm diganti dengan nama file anda.

That’s all!! Selamat Mencoba!!

chm2Tampilan Help di Software saya

Februari 10, 2009 - Posted by | Saya dan Hobi, Saya dan Komputer | ,

14 Komentar »

  1. akhirnya ketemu juga file untuk buat CHM

    terima kasih ya

    sama – sama pak…

    Komentar oleh robby | Februari 11, 2009 | Balas

  2. Assalamu ‘alaikum wr.wb pak ko’sofware yg di atas (ABBE CHM Maker) di downloadnya file corup melulu?

    Lho kok saya coba lagi bisa ya mas?? jaringannya kali mas…
    Coba ganti komputer atau pake DAP, pa Flash biar ga corrupt pas downloads…

    Komentar oleh haikal | Maret 2, 2009 | Balas

  3. trims ya mas.. info nya sangat bermanfaat

    sama – sama mas…🙂

    Komentar oleh d_jumper_jgj | Maret 2, 2009 | Balas

  4. saya pernah menggunakan abee chm maker.
    bisa di-compile dan jadi, tapi link yang saya buat pada html nya gak bisa masuk. padahal link nya udah benar. saya mohon jawabannya yach?? kirim ke e-mailku. makasih.

    Komentar oleh hedi | April 28, 2009 | Balas

  5. Makasih ya, programnya berjalan dengan baik. tapi kalo chm maker dijalankan muncul agar kita ngeregister program ini. gak papa kali ye….. sekali makasih banyak mas.

    sama – sama mas..🙂

    Komentar oleh topik | Juni 21, 2009 | Balas

  6. 6. Setelah jadi, tinggal di – link ke Project Software, pertama copy file help.chm ke folder debug (namaprojectkamu/bin/debug).

    saya belum ngerti di nomor 6 kebawah itu

    folder debug itu yang mana?

    Folder debug yang di dalam (subfolder dari) Folder Project kita…

    Komentar oleh Rial | Juli 12, 2009 | Balas

  7. trimakasih tlah memberi ilmunya kepadaku semoga menjadikan sesuatu yang bisa membuat anda merasa tenang thank’s for you

    sama – sama… selain tenang saya juga merasa senang….

    Komentar oleh dhanie | September 1, 2009 | Balas

  8. kalo kika pengen ngasih asesoris warna/gambar gmn caranya??
    adakah pencerahannya…..

    kan sebelum diconvert, kita bikin dulu diword… lha di wordnya kan bisa dikasi gambar…🙂

    Komentar oleh saif_Te2 | September 3, 2009 | Balas

  9. ok mas,mbak…. kan ak coba.. tp mau tak masukin k vb 6 bisa gak ya..trus yg debug2 tuh ak ga ngerti…thxxx

    Komentar oleh buyung | September 6, 2009 | Balas

  10. Brada makasih banyak dengan file chm maker nya ya saya sangat terbantu banger
    software ini saya butuhkan untuk kelengkapan buku saya, sekali lagi makasih, tanpa nantuan kata mutiara di samping kanan itu dan software chm makernya (meski masih trial hehe)
    saya ndak bisa nulis lagi….
    makasih banyak, selanjutnya saya akan meneruskan perjalanan mencari tutorial pengkoneksian VB ke CHM file dan atau konek database VB yang terhubung dengan setiap halaman pada file help nya (agak ribet soale saya jarang make flowchart, semua ide ada di otak n langsung buat gitu aja hoho)

    Komentar oleh aditya | Maret 7, 2011 | Balas

  11. Terimakasih banyak mas, kemarin project saya macet gara-gara ga bisa manggil file .chm dari vb .NET..
    Sekali lagi terimakasih banyak..

    Komentar oleh Adit | Juni 11, 2011 | Balas

  12. ikut download om….. mudah-mudahan update terus blognya biar sy mampir terus…..

    Komentar oleh fianthea23 | Desember 29, 2011 | Balas

  13. mas di chmnya gimana ya nambah gambar biar engga polos di chm backgroundnya mas?tolong dibantu mas

    Komentar oleh erry | Desember 24, 2013 | Balas

  14. thanks infonya. izin sedot

    Komentar oleh Kipas Industri | April 16, 2014 | Balas


Tinggalkan Balasan

