The Daniels Blog

Berpikir, Berpendapat, dan Berbagi

About Paypal…

Akhir – akhir ini, berhubung tuntutan kerjaan [halah.. *LEBAY_MODE_ON*], jadi deh saya akhirnya kenalan ma Paypal.. Harapannya.. Suatu saat nanti ada produk kayak Paypal tapi versi Indonesia..

Ini adalah review singkat saya mengenai Paypal.. Saya peroleh dari beberapa sumber… Link2 terkait bisa diliat dibagian paling bawah tulisan ini… So..Enjoy it!! Moga – moga berguna..🙂

Definisi Umum

PayPal Inc. adalah perusahaan online yang menyediakan jasa transfer uang melalui surat elektronik, menggantikan metode lama yang masih menggunakan kertas, seperti cek dan money order. PayPal juga menyediakan jasa untuk para pemilik situs e-commerce, pelelangan, dan jenis usaha lain. Markas perusahaan ini terletak di San Jose, California, Amerika Serikat.

PayPal adalah salah satu alat pembayaran (payment procesors) menggunakan internet yang terbanyak digunakan didunia dan teraman. Pengguna internet dapat membeli barang di ebay, lisensi software original, keanggotaan situs, urusan bisnis, mengirim dan menerima donasi/sumbangan, mengirim uang ke pengguna PayPal lain di seluruh dunia dan banyak fungsi lainnya dengan mudah dan otomatis menggunakan internet.

PayPal mengatasi kekurangan dalam pengiriman uang tradisional seperti Cek atau money order yang prosesnya dapat memakan waktu PayPal seperti rekening bank, pertama anda membuat account, lalu mengisi account tersebut dengan dana dari kartu kredit atau transferan dana dari account PayPal orang lain ke balance PayPal anda, dan anda sudah dapat menggunakan account PayPal untuk bertransaksi.

Februari 2008 PayPal sudah menerima 190 negara dan 16 mata uang, pengguna PayPal Indonesia masih harus menggunakan hitungan US dollar karena rupiah belum ada di PayPal.

PayPal dan eBay

eBay adalah tempat lelang/jual-beli/pasar-online terbesar didunia, dengan pengguna lebih dari 200 juta orang di seluruh dunia (data Juni 2006), anda dapat mencari dan membeli apapun, mulai dari barang elektronik, kendaraan, hingga barang-barang langka dari seluruh pengguna eBay didunia, cara pembayaran utama di eBay adalah dengan PayPal karena lebih aman dan otomatis, meskipun ada penjual yang menerima pembayaran dengan cara lain.

Melihat masa depan PayPal yang menjanjikan, eBay menyimpulkan PayPal cocok digunakan sebagai perantara pembayaran lelang online mereka. Sebelumnya, eBay telah membeli Billpoint pada bulan Mei 1999 dan menjadikannya sebagai perantara pembayaran satu-satunya yang diakui oleh ebay walaupun pilihan untuk menggunakan metode pembayaran lain masih diizinkan. Pada bulan Februari 2000, rata-rata ada sekitar 200.000 penawaran barang per hari yang menggunakan PayPal, sedangkan yang menggunakan Billpoint hanya mencapai 4.000 penawaran saja. Bahkan pada bulan April 2000, sudah ada lebih dari satu juta penawaran yang menggunakan PayPal.

Akhirnya pada tahun 2002, eBay mengakuisisi PayPal seharga US$ 1,5 miliar. eBay belakangan menghapus layanan pembayaran melalui Billpoint untuk meningkatkan potensi PayPal. Banyak pesaing utama PayPal yang akhirnya bangkrut atau dijual, seperti Citibank C2IT yang ditutup pada akhir 2003, Yahoo! PayDirect yang tutup pada akhir 2004, dan layanan BidPay milik Western Union yang ditutup pada tahun 2005. Pesaing PayPal lain yang masih bertahan hingga sekarang antara lain adalah AlertPay, e-gold, Kagi, dan Moneybookers. Pada kuartal pertama 2006, total transaksi yang dilakukan melalui PayPal mencapai US$ 8 miliar, meningkat 41% dari tahun ke tahun.

Basic PayPal

Alur registrasi Paypal :

  1. Pelanggan membuka situs Paypal (http://www.paypal.com/ atau https://www.paypal.com/ ).
  2. Kemudian, pelanggan dapat melakukan proses registrasi awal dengan memilih menu sign up.
  3. Terdapat 3 jenis account pada Paypal, diantaranya :
    1. Personal Account :  Account ini diperuntukkan bagi yang ingin berbelanja online saja, dapat untuk menerima uang/pembayaran, namun terdapat keterbatasan, bebas biaya fee, tidak dapat menerima uang langsung dari kartu kredit, tetapi dapat menerima uang dari PayPal Ballance Account orang lain, memiliki limit mengirim dan menerima dana.
    2. Premiere AccountAccount ini diperuntukkan bagi yang ingin berjualan dan berbelanja online dengan nama pribadi, dapat menerima pembayaran langsung dari kartu kredit, ada fee setiap menerima pembayaran.
    3. Business Account : Account ini diperuntukkan bagi yang ingin membuat Toko Online atau Merchant dengan menggunakan nama perusahaan.
    4. Pelanggan kemudian mengisi form registrasi pendaftaran, yang terbagi menjadi Informasi Contact Pelanggan, PayPal Account Login, Password Recovery dan Security Measures.
    5. Pelanggan akan memperoleh email notifikasi untuk melakukan aktivasi account di PayPal.
    6. Setelah melakukan verifikasi email, maka selanjutnya adalah verifikasi kartu kredit Visa/Master Card. (Selain kartu kredit, dapat pula dipergunakan kartu debit berlogo MasterCard / Visa. Sayangnya, semua kartu debit berlogo MasterCard / Visa dari bank di Indonesia untuk saat ini tidak dapat dipergunakan).
    7. Selanjutnya, untuk menjadi verified member, PayPal akan mendebet kartu kredit pelanggan sebesar $1,95 dan kemudian memasukkannya kedalam account PayPalnya.

Fee pada Paypal :

  • Untuk pengiriman dana : Free
  • Untuk penerimaan dana : Free untuk Personal account, dan charge fee 1.9% sampai 2.9% dari jumlah transfer + $0.3 untuk Premier/Business account
  • Untuk withdraw ke rekening bank : Rp16.000,- untuk withdraw dibawah Rp1.499.999,-  dan free untuk withdraw minimal Rp1.500.000 atau lebih.
  • Untuk withdrawal ke Kartu Kredit : $ 5 USD; Batasan withdrawal $ 500 USD, kemudian dapat ditarik tunai melalui ATM (fee = 4% dari total transaksi).
  • Multiple currencies fee : Tambahan 2,5% dari jumlah transfer bila menerima pembayaran dari mata uang lain, contoh : Membayar barang yang dijual dalam Euro dengan Dollar

Jenis – jenis cara pembayaran pada PayPal :

  1. One Time Payment : Pembayaran dimana kita membayar uang dengan jumlah tertentu saat itu saja.
  2. Subscription : Pembayaran dimana kita membayar uang dengan jumlah tertentu secara rutin pada jangka waktu tertentu (berlangganan).

Mekanisme Penarikan Uang / Cash Withdrawal di PayPal :

  1. Pelanggan harus mendaftarkan rekening Bank nya ke Account PayPal. (Pilih menu My Account > Profile > Add/Edit Bank Account).
  2. Bila rekening pelanggan telah terdaftar, maka selanjutnya pelanggan dapat melakukan withdrawal ke rekening pelanggan. (My Account > Withdraw > Withdraw funds to your bank account).
  3. Balance dalam account PayPal akan terdebet dan akan ditransfer ke rekening pelanggan dengan waktu antara 5 – 7 hari kerja.
  4. Bila gagal masuk ke rekening, maka uang akan kembali masuk ke account PayPal (dipotong Rp 50.000,-).

Kelebihan PayPal :

  1. PayPal tidak hanya dipergunakan untuk berbelanja di eBay, namun juga pada situs – situs e-commerce ataupun situs –  situs toko online.
  2. Dengan Paypal kita dapat berbelanja tanpa harus membuka informasi finansial kita; Prioritas utama PayPal adalah keamanan finansial para penggunanya, para merchant di PayPal tidak pernah menanyakan informasi finansial pembeli ketika berbelanja dengan PayPal, sehingga kita informasi finansial kita tetap terjaga untuk setiap transaksi yang kita lakukan.
  3. Karena menggunakan Kartu Kredit, pelanggan dapat tetap menerima rewards dari kartu kredit.
  4. PayPal memungkinkan pelanggan melakukan pengiriman data secara instan tanpa delay.
  5. PayPal memungkinkan seseorang memberikan donasi dengan mudah.
  6. PayPal memungkinkan seseorang untuk mengirimkan dana keluar negeri.
  7. PayPal memungkinkan seseorang untuk melakukan cash withdrawal .
  8. Buyer yang merasa dirugikan dapat meminta chargeback kepada seller (dalam waktu 45 hari)

Kekurangan PayPal :

  1. PayPal tidak memiliki  IP protection seperti e-gold
  2. Masih banyak terjadi account hacking, penipuan phising dari email yang menjebak dengan website PayPal palsu untuk mencuri username dan password PayPal.

Advanced PayPal

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, bahwasannya Paypal tidak hanya dapat dipergunakan untuk membeli barang saja, namun juga dapat dipergunakan untuk berbisnis bahkan dapat dipergunakan sebagai payment tools dalam bisnis Toko Online. PayPal menyediakan berbagai solusi payment yang dapat dipilih sesuai dengan keperluan bisnis kita.

Secara umum, alur data payment pada PayPal adalah sebagai berikut :



  1. User melakukan pembayaran ke webstore melalui website PayPal
  2. PayPal mengirimkan transaction ID ke webstore.
  3. Webstore mengirimkan transaction ID dan identitas token Toko Online.
  4. PayPal mengirimkan detail transaksi ke webstore.
  5. Webstore men-display detail transaksi ke user.

Note : Mekanisme 2,3,4,5 menggunakan mekanisme PayPal’s auto return.

Terdapat tiga solusi yang ditawarkan oleh PayPal, yaitu :

Website Payment Standard

  • Solusi ini baik untuk webstore yang menginginkan PayPal sebagai Solusi Pembayaran Penjualan (Sole Payment Solution). Dengan solusi ini, buyer melakukan pembelian barang melalui webstore, melakukan pembayaran melalui PayPal, dan kemudian memperoleh notifikasi melalui webstore.
  • Mekanisme Kerja Website Payment Standard :

Express Checkout

  • Solusi ini baik untuk webstore yang telah memiliki payment gateway dan ingin untuk menambahkan PayPal sebagai salah satu fitur pembayarannya. Dengan menggunakan layanan ini, pelanggan dapat melakukan pengecekan terhadap payment yang telah dilakukan, dan webstore dapat menerima pembayaran dari berbagai kartu debit dan kredit, seperti halnya transfer bank dan pembayaran melalui balance PayPal.
  • Mekanisme Kerja Express Checkout :

Websites Payment Pro

  • Solusi ini baik untuk webstore yang membutuhkan advanced payment solution. Dengan menggunakan solusi ini, webstore dapat memperoleh solusi menyeluruh dalam sistem payment – nya, mulai dari fasilitas merchant account, gateway, PayPal Express Checkout, dan Virtual Terminal, dimana semuanya terintegrasi dalam satu sistem. Disamping itu, pelanggan dapat melakukan pembayaran via telepon, fax, dan email; dan dapat memilih berbagai metode pembayaran baik dengan Visa, MasterCard, Amex, Maestro, Solo, transfer bank, dan melalui PayPal.
  • Mekanisme Kerja Website Payment Pro:

Link – Link Terkait :

http://www.paypalindonesia.com/

http://www.vcc-indonesia.com/news/

http://www.indonesiapal.com/

http://www.jualvcc.net/


1. Websites Payment Pro

· Solusi ini baik untuk webstore yang membutuhkan advanced payment solution. Dengan menggunakan solusi ini, webstore dapat memperoleh solusi menyeluruh dalam sistem payment – nya, mulai dari fasilitas merchant account, gateway, PayPal Express Checkout, dan Virtual Terminal, dimana semuanya terintegrasi dalam satu sistem. Disamping itu, pelanggan dapat melakukan pembayaran via telepon, fax, dan email; dan dapat memilih berbagai metode pembayaran baik dengan Visa, MasterCard, Amex, Maestro, Solo, transfer bank, dan melalui PayPal.

· Mekanisme Kerja Website Payment Pro:

Desember 3, 2009 - Posted by | Saya dan Komputer | ,

3 Komentar »

  1. wihhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh

    Komentar oleh devo avidianto p | Desember 3, 2009 | Balas

  2. Makasih mas informasinya sangat bermanfaat. salam kenal

    Komentar oleh Paket Online Store | Maret 19, 2011 | Balas

  3. Thanks for article…really help me

    Komentar oleh Ananda | Januari 30, 2012 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: